
(Purwodadi), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Grobogan menyelenggarakan Pelatihan Service Excelent Bagi Front Liner Pelayanan Administrasi Kependudukan, yang berlangsung di Ruang Amarta Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Grobogan, Selasa 12 Agustus 2025.
Pelatihan diikuti oleh 75 peserta yang terdiri dari semua petugas front liner mulai dari petugas keamanan, front office, petugas informasi, petugas pelayanan IKD, operator adminduk di dinas, MPP dan kantor kecamatan, serta petugas kebersihan.
Kegiatan pelatihan yang mengusung tema “Penguatan Kapasitas Petugas Front Liner Untuk Pelayanan Administrasi Kependudukan yang Membahagiakan Masyarakat”, tersebut dibuka oleh Plt. Kepala Dispendukcapil Kabupaten Grobogan, Catur Suhantoro, S.H, MM.
Dalam sambutannya saat membuka pelatihan, Catur Suhantoro, menyampaikan pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas petugas front liner dalam pelayaanan adminduk yang diharapakan dapat membahagiakan masyarakat serta meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat. “Pelayanan prima sebagai pondasi layanan yang sesuai dengan Standar Pelayanan, sementara service excellent pelayanan tidak hanya sesuai Standar Pelayanan saja tetapi pelayanan yang didasarkan dengan hati sehingga diharapkan dapat memberikan kesan mendalam dan menyenangakan kepada masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan”, imbuh Catur Suhantoro.
Sementara itu narasumber pelatihan, Emerita Harsiyantiningrum, S.Psi, Psikolog selaku Konsultan Human Resources dari CV. Karya Zata Amani (KZA) menyampaikan materi berkaitan dengan Komunikasi Efektif dan Etika Pelayanan Publik yang Membahagiakan Masyarakat. (G7i)







